Tuesday, November 3, 2015

REGISTRASI BPJS KETENAGAKERJAAN ON-LINE

Hi Guys…..

Hari ini aku mau berbagi cara registrasi BPJS Ketenagakerjaan on-line. Gunanya, kamu bisa cek saldo JHT (Jaminan Hari Tua) kamu dengan mudah. Selain itu, kamu bisa mengajukan klaim uang JHT kamu tanpa harus antri pagi-pagi kaya yang banyak aku baca di portal berita dan blog-blog orang.

Dan berhubung saat ini sedang musim PHK, pasti banyak orang yang ingin mengklaim atau sekedar ingin tahu sudah berapa sih tabungan mereka di BPJS Ketenagakerjaan atau dulu lebih sering dikenal dengan Jamsostek.


Ok, jadi langkah awal yang harus kamu lakukan adalah siapkan KTP dan Kartu Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan di dekat kamu. Kecuali kamu hapal semua angkanya yaa ga usah juga ga apa-apa sih..
Setelah itu, masuk ke website BPJS Ketenagakerjaan, lalu kamu klik TENAGAKERJA



Lalu akan keluar tampilan seperti di bawah ini:
Klik REGISTRASI

Lalu kan keluar formulir yang harus kamu isi. Isi sesuai dengan yang diminta, jika sudah, masukan kode keamanan, klik ‘Ya, Saya Setuju’. Lalu klik SUBMIT DATA
Pastikan semua terisi dengan benar

Setelah itu, kamu akan mendapat sms berupa PIN untuk aktivasi pengecekan saldo JHT dan e-mail berisi PIN untuk login ke website BPJS Ketenagakerjaan.

contoh email


Kamu bisa balik ke halaman awal, lalu seperti tadi, klik TENAGAKERJA, kali ini pilih LOGIN

Akan keluar tampilan seperti ini:

Aku pribadi lebih senang menggunakan alamat email atau nomor e-ktp untu login. PIN-nya yang di kirim via e-mail ya, bukan yang via sms. Lalu kamu bisa Klik SIGN IN


Ini adalah tampilan yang akan kamu temukan setelah berhasil sign in.


Pada menu ‘Profil’, kamu harus mengaktifkan layanan cek saldo JHT dengan menggunakan PIN yang kamu dapatkan via SMS. Selain itu, untu kamu yang punya KPJ/Jamsostek lebih dari satu, kamu bisa mendaftarkan semua kartu yang kamu punya pada halaman ini.
Tinggal kamu klik TAMBAH KPJ, lalu masukan nomor kartu yang kamu punya.


Pada menu ‘Info Saldo JHT’, kamu bisa cek saldo JHT yang kamu punya per masing-masing kartu, cukup pilih nomor kartu yang mau kamu cek jumlah saldonya, lalu klik SUBMIT, maka saldo kamu akan terpampang secara instant.


Pada menu ‘Klaim Elektronik’, kamu bisa submit berkas-berkas persyaratan klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan kamu secara online, tinggal upload, dan tunggu pemberitahuan tanggal verifikasi.

Untuk feature e-klaim ini akan aku jelaskan secara terperinci di sini


Mudah kan?? 

No comments:

Post a Comment